Translate

Rabu, 08 Mei 2013

THEOLOGY ISLAM akal dan wahyu


BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Akal dan Wahyu
2.1.1 Akal 
Kata akal sudah menjadi kata dalam Bahasa Indonesia, berasal dari kata Arab al‘Aqly yang dalam bentuk kata benda, berlainan dengan kata al-wahy, tidak terdapat dalam al-Qur’an. Al-Qur’an hanya membawa bentuk kata kerjanya ‘aqaluuh, ta’qiluun, na’qil, ya’qiluha, dan ya’qiluun, kata-kata itu datang dalam arti faham dan mengerti.
Dalam pemahaman Prof. Izutzu,  kata ‘aql di zaman jahiliyyah dipakai dalam arti kecerdasan praktis (practical intelligence) yang dalam istilah psikologi modern disebut kecakapan memecahkan masalah (problem-solving capacity). Orang berakal, menurut pendapatnya adalah orang yang mempunyai kecakapan untuk menyelesaikan masalah. Kata ‘aqala mengandung arti mengerti, memahami dan berfikir. Dalam al-Qur’an sebagai dijelaskan dalam surat al-Hajj ayat  46 yang dikatakan bahwa pengertian, pemahaman dan pemikiran dilakukan melalui kalbu yang berpusat di dada. Sebagaimana ayat berikut :
(24محمد: أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوْبٍ أَقْفَالُهَا 
Artinya :“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an ataukah hati mereka terkunci?”. (Muhammad : 24)
Dan di dalam  ayat yang lainpun menjelaskan juga bahwa tidak disebutkan bahwa akal adalah daya pikir yang berpusat di kepala. Al-‘aql malahan dikatakan sama dengan al-qolb yang berpusat di dada. Memang banyak sekali pendapat-pendapat yang menguraikan tentang pengertian akal. Tapi dalam pandangan Islam, akal tidaklah otak, tetapi daya pikir yang terdapat dalam jiwa manusia, daya yang sebagai digambarkan dalam al-Qur’an, memperoleh pengetahuan dengan memperhatikan alam sekitarnya. Akal dalam pengertian inilah yang dikontraskan dalam Islam dengan wahyu yang membawa pengetahuan dari luar diri manusia, yaitu dari Tuhan
2.1.2 Wahyu 
Secara etimologi “wahyu” berarti isyarat, bisikan, ilham, perintah. Sedangkan menurut termonologi berarti nama bagi sesuatu yang disampaikan secara cepat dari Allah kepada Nabi-Nabi-Nya.
Dalam pengertian lain, wahyu berasal dari kata arab الوحي, dan al-wahy adalah kata asli Arab dan bukan pinjaman dari bahasa asing, yang berarti suara, api, dan kecepatan. Di samping itu juga mengandung arti bisikan, isyarat, tulisan dan kitab. Selanjutnya mengandung arti pemberitahuan secara sembunyi-sembunyi dan dengan cepat. Tentang penjelasan cara terjadinya komunikasi antara Tuhan dan Nabi-Nabi, diberikan oleh al-Qur’an sendiri. Dalam Islam wahyu atau sabda Tuhan yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW terkumpul semuanya dalam al-Qur’an. Salah satunya dijelaskan dalam Surat al-Syura:51 yang artinya:
“ Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.”
2.2 Konsep Akal dan Wahyu
Teologi sebagai ilmu yang membahas soal ketuhanan dan kewajiban-kewajiban manusia terhadap Tuhan, serta ada baik dan buruk dan kewajiban mengerjakan yang baik dan meninggalkan yang buruk. Pembahasan ini dikaji memakai akal dan wahyu dalam memperoleh pengetahuan tentang ke dua soal tersebut. Akal, sebagai daya berfikir yang ada dalam diri manusia, berusaha untuk sampai kepada Tuhan, dan wahyu sebagai pengkhabaran dari alam metafisika turun kepada manusia dengan keterangan-keterangan tentang Tuhan dan kewajiban-kewajiban manusia terhadap Tuhan.
Konsepsi ini merupakan system teologi yang dapat digunakan terhadap aliran-aliran teologi Islam yang berpendapat bahwa akal manusia bisa sampai kepada Tuhan. Kemudian konsepsi ini dijelaskan kembali oleh beberapa aliran dalam teologi islam.
2.1.1 Syi’ah
Syiah adalah mazhab tertua dalam islam, Aliran ini muncul sebagai suatu gerakan politik di akhir masa pemerintahan Ustman bin Affan ra, kemudian tumbuh subur dan berkembang pada masa pemerintahan kholifah Ali bin Abi Thalib ra. Perkembangannya yang demikian pesat berkat sosok Ali bin Abi Tholib ra, yang membuat kagum umumnya masyarakat muslim saat itu dengan banyak manusia, semakin tampak keagungan, kecerdasan dan pengetahuannya dalam permasalahan agama. Hal ini membuat sebagian kalangan semakin merasa takjub dengan pribadi yang bersahaja, kemudian mereka mulai menyebar-luaskan ketakjuban itu pada masyarakat secara luas (Zahrah, 2007:148).
Ketika tiba masa Dinasti Umayyah, banyak kedzaliman yang menimpa kalangan keturunan Ali ra. Mereka sering kali diperlakukan tidak semestinya oleh kalangan Bani Umayyah. Kesewenangan-wenangan yang menimpa Alawiyah itu membuat mereka mendapat simpati yang besar dari masyarakat, mulai itulah aliran Syi’ah mulai resmi dan mempunyai banyak pengikut (Zahrah, 2007:149).
Aliran ini memiliki beberapa pojok pemikiran yang dapat dikatakan sebagai ciri mereka di hadapan aliran yang lainnya, diantaranya adalah (Zahrah, 2007:149):
1.        Mereka berpendapat bahwa masalah kepemimpinan negara bukanlah masalah kemaslahatan umum yang diserahkan kepada masyarakat muslim. Orang-orang yang mempunyai hak untuk memimpin masyarakat muslim telah ditunjuk dan ditentukan langsung oleh Allah SWT. Bahkan permasalahan ini merupakna salah satu pokok ajaran islam. Dimana Nabi SAW mempunyai kewajiban untuk menentukan orang-orang yang akan menjadi pengganti beliau yang bersifat ma’sum.
2.        Imam Ali bin Abi Ttholib ra. adalah pemimpin yang ditunjuk oleh Rasulullah SAW untuk menjadi khalifah setelahnya. Beliau adalah orang yang paling utama dan paling mulia diantara para sahabat Rasul yang lain. Ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa Syi’ah bukanlah satu-satunya kelompok yang menyatakan bahwa Imam Ali bin Abi Thalib ra. adalah orang yang paling utama  dan paling mulia diantara para sahabat. Sebagaimana kalangan Bani Umayyah juga ada yang mengakui keutamaan Imam Ali ra. Melebihi para sahabat lain diantaranya adalah Kalid bin Sa’id ibn al-‘Ash dan Umar bin Abdul Aziz.
Kelompok Syi’ah berlebihan dalam mengagungkan sosok Imam Ali ra. Yang mana mereka sampai menganggap bahwa beliau telah mencapai derajat kenabian. Mereka menganggap bahwa kenabian sebenarnya merupakan hak Imam Ali ra. Dan Jibril telah berbuat kesalahan dengan memberikan wahyu kepada Muhammad SAW. Bahkan ada kelompok Syi’ah yang menganggap Imam Ali ra. Adalah Tuhan, sebagian lagi menganggap bahwa Tuhan menitis ke dalam diri Imam Ali ra. serta kepada Imam yang lain yang menjadi keturunannya. Pendapat ini sama dengan pendapat pendapat kalangan Nasrani tentang unsur keturunan dalan diri Nabi Isa sa. Ada juga yang berpendapat bahwa unsur ketuhanan berpindah dari satu Imam ke Imam yang lain (Zahrah, 2007:152).
Kelompok Syiah sendiri terdiri dalam beberapa kelompok yang mana masing-masing kelompok memiliki dasar-dasar sendiri, diantaranya:
1.      Syiah Rafidah.
Kalangan Syiah Rafidhah telah sepakat bahwasanya Imam terakhir tidaklah wafat, Imam tersebut masih hidup dengan kehidupan yang lain. Imam terakhir tersebut akan kembali dan memenuhi bumi dengan keadilan, setelah sebelunya bumi diliputi oleh aneka kegelapan dan perilaku buruk (Zahrah, 2007:152).
2.      Syiah Saba’iyah
Kalangan Syiah Saba’iyah berpendapat bahwa Muhammad bin al-Hanafiyah masih hidup (Zahrah, 2007:152). Mereka adalah pengikut Abdullah bin Saba’ aslinya adalah orang Yahudi dari al-Hirrah. Ia menyatakan masuk islam dan ibunya bernama Sauda. Oleh karena itu Abdullah bin Saba’ juga diberi gelar Ibnu Sauda’. Abdullah bin Saba’ adalah seorang yang sangat menentang pemerintahan Utsman bin Affan ra. Sedikit demi sedikit Abdullah bin Saba’ memasukkan dan menyemaikan pemikiran-pemikirannya terutama mengenai sosok Imam Ali ra (Zahrah, 2007:156).
Yang pertama kali digembar-gemborkannya kepada kaum Muslim adalah pernyataan Taurat bahwa setiap Nabi pasti memiliki seorang yang diberi wasiat. Menurutnya, Imam Ali ra adalah seorang yang diberi wasiat, dan Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baik Nabi. Kemudian juga menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW akan kembali lagi kedalam kehidupan dunia (Zahrah, 2007:156).
3.      Syiah Istna Asy’ariyah
Kalangan Syiah Istna Asy’ariyah menyatakan bahwa Imam mereka yang kedua belas, yaitu Muhammad bin al-Hasan al-Askari yang deberi gelar al-Mahdi, masuk ke dalam godaan menghilang bersama ibundanya. Imam Mahdi ini kan keluar lagi di akhir zaman dan memenuhi bumi dengan keadilan. Kalangan ini selalu menunggu kedatangan Imam yang kedua belas tersebut selepas sholat maghrib di tempat dimana beliau dinyatakan menghilang. Mereka menyediakan kendaraan, melantunkan dan memanggil-manggil namanya agar Imam tersebut keluar. Hal ini mereka lakukan sampai bintang-bintang dilangit bermunculan (Zahrah, 2007:152). 
2.1.2 Khawarij
Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa kaum Khawarij sebenarnya adalah pengikut-pengikut Ali ibn Abi Tholib. Mereka meninggalkan Ali ibn Abi Thalib karena tidak setuju dengan sikap Ali ibn Abi Thalib yang menerima arbitrase sebagai jalan untuk menyelesaikan persengketan antara Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyah ibn Abi Sufyan dalam perang sifin. Ciri yang menonjol dari aliran ini ialah watak yang ekstrimis dalam memutuskan persoalan-persoalan Kalam. Mereka berpegang teguh pada ayat 44 surat al-Maidah yang artinya “Barang siapa yang tidak memutuskan menurut apapun yang diturunkan Allah, maka mereka adalah orang-orang yang kafir”.
Semua pelaku dosa besar menurut semua golongan dari sekte Khawarij kecuali an-Nadjah adalah kafir dan akan disiksa di neraka selamanya. Golongan yang lebih ekstirm yaitu al-Azariqah, menggunakan istilah yang lebih mengerikan dari kafir yaitu musrik. Mereka memandang musrik bagi siapa saja yang thdak mau bergabung dengan barisan mereka. Adapun pelaku dosa besar dalam pandangan mereka telah beralih status dari keimanannya menjadi kafir millah (agama) dan berarti ia telah keluar dari islam, mereka kekal di neraka bersama-sama orang kafir lainya.
2.1.3 Murjiah
Aliran Murjiah membuat kesepakatan bahwa sumber ajaran islam yang utama adalah Al quran dan As sunnah ,sedangkan penalaran atau akal pikiran sebagai alat untuk memahami alquran dan as sunnah, sesuai dengan agama islam itu sendiri sebagai wahyu yang berasal dari Allah SWT. Adapun pengertian alquran dari segi istilah dapat dikemukakan dari berbagai pendapat berikut ini:
Manna ‘al qaththan, secara rngkas mengutip pendapat para ulama pada umumnya mengatakan bahwa alquran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.sedangkan pengertian Alquran secara lebih lengkap dikemukakan oleh Abdul Wahab Akhallaf, menurutnya Alquran adalah firman Allah yang diturunkan kepada hait Rasulullah, Muhammad bin Abdul, melalui jibril dengan menggunakan lafal bahasa arab dan maknanya yang benar.agar ia menjadi hujjah bagi rasul bahwa ia benar-benar rasulullah, menjadi undang-undang bagi manusia ,memeberi petunjuk kepada mereka, dan menjadi sarana untuk diri dan ibadah kepada Allah dengan membacanya.
Selanjutnya Alquran juga berfungsi sebagai hakim atau wasit yang mengatur jalannya kehidupan manusia agar berjalan lurus, itulah sebabnya ketika umat islam berselisih dalam segal` urusannya hendaknya ia berhakim kepada Alquran. Sedangkan menurut bahasa As sunnah artinya jalan hidup yang dibiasakan terkadang jalan tersebut ada yang baik dan ada pula yang buruk.
Sementara itu jumhurul ulama atau kebanyakan para ulama akui hadist mengartikan As sunnah, Al hadist, Al khabar, dan Al atsar sama saja yaitu segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik dalam bentuk ucapan, perbuatan, maupun ketetapan. Pengertian ini didasarkan pada pandangan mereka terhadap nabi sebagai suri tauladan yang baik bagi manusia.
2.1.4 Jabariyah
Ketika Qadariyah berasumsi bahwa manusia memiliki kemerdekaan dan kemampuan untuk menentukan jalan hidupnya, dan mengkultuskan akal dalam menentukan kebenaran, maka Jabariyah berasumsi sebaliknya. Menurutnya manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya. Manusia dalam paham ini terkait pada kehendak mutlak Tuhan. Manusia dan segala perbuatannya telah ditentukan dari semula oleh qadha dan qadar Tuhan. Penganut paham ini senantiasa akan mengatakan bahwa pendidikan tidak perlu diadakan inovasi, bahkan percuma. Karena paham ini menganggap baik buruknya nasib manusia telah ditetapkan oleh Tuhan.
Menurut pandangan Jabariyah konsep pendidikan Islam yang ada pada zaman dahulu yang telah dipraktekkan oleh ulama-ulama terdahulu sudah cukup, karena pada dasarnya pendidikan itu tidak akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan manusia, sebab baik buruknya nasib seseorang telah ditentukan oleh Allah. Manusia tidak perlu ada ikhtiar, karena apapun akhirnya tergantung pada Tuhan. Akhirnya semua factor-faktor pendidikan yang tersebut di atas, tidak perlu adanya reformasi dan reorientasi.
2.1.5 Qodariyah
Dengan pemikiran-pemikiran yang cerdas, sebenarnya kebebasan itu adalah sifat yang dimiliki manusia yang perlu ditumbuh kembangkan. Sebab dengan kebebasan itu manusia menjadi kreatif dan inovatif. Hanya saja kebebasan itu jangan kebablasan atau berlebih-lebihan. Padahal sesungguhnya kebebasan dalam dunia Islam ditopang oleh akal yang sehat dan didukung oleh wahyu. Aliran ini memberikan kemerdekaan atau kebebasan manusia untuk berbuat. Tapi harus diyakini kebebasan yang dianutnya tetap berbeda dalam koridor wahyu. Karena aliran Qadariyah memiliki alasan-alasan berpijak sesuai ayat-ayat al-Quran. Sekiranya ulama Islam dan umat Islam pada zaman klasik itu hanya berorientasi akhirat saja, tanpa berorientasi dunia, dan memakai filsafat fatalisme atau jabariyah, bukan filsafat qadariyah dan dengan pahamnya tentang manusia yang bebas.
Telah dimaklumi bersama bahwa aliran Qadariyah berpegang teguh pada anggapan bahwa manusia memiliki kemerdekaan dan kekuasaan penuh dalam menentukan perjalanan hidupnya. Menurutnya pula manusia mempunyai kekuasaan sendiri untuk mewujudkan perbuatan-perbuatannya sehingga dengan demikian manusia terpaksa tunduk pada Qadar dan kadar Tuhan, atau yang biasa disebut dengan free will dan free act  yang muncul kemudian, yang sangat mendukung argumen-argumen Qadariyah, yang mana manusia dalam menentukan kehidupnya segala dapat diperoleh melalui kebenaran akal, sehingga aliran ini biasa dengan disebut aliran rasionalisme yakni aliran yang mengkultuskan kemampuan akal dalam menetapkan kebenaran.
 Sifat rasional dari pada manusia ini melahirkan konsep dasar tentang kebebasan. Bahwa dengan rasionya manusia dapat memiliki dan mencapai kebebasan dari berbagai belenggu yang dapat menurunkan derajat atau martabatnya seperti kebodohan, keragu-raguan. Dengan senjata yang bersifat rasional manusia dapat menghilangkan belenggu atau rintangan yang dihadapi, maka ia lalu merdeka.
2.1.1 Mu’tazilah
Mu’tazilah adalah sebuah aliran dalam teologi Islam yang dipelopori oleh Wasil bin Atha’. Bagi kaum mu'tazilah segala pengetahuan dapat diperoleh dengan perantaraan akal, dan kewajiban-kewajiban dapat diketahui dengan pemikiran yang mendalam. Dengan demikian berterima kasih kepada Tuhan sebelum turunnya wahyu adalah wajib. Baik dan jahat wajib diketahui melalui akal dan demikian pula mengerjakan yang baik dan menjauhi yang buruk adalah wajib hukumnya.
Dalam hubungan ini Abu al-Huzail dengan tegas mengatakan bahwa sebelum turunnya, orang telah berkewajiban mengetahui Tuhan, dan jika ia tidak berterima kasih kepada Tuhan, orang demikian akan mendapat hukuman. Baik dan buruk menurut pendapatnya, juga diketahui dengan perantaraan akal dan dengan demikian orang wajib mengerjakan yang baik, umpamanya bersikap lurus dan adil, dan wajib mengetahui yang buruk seperti berdusta dan bersikap dzalim.
Menurut al-Syahrastani kaum Mu’tazilah satu dalam pendapat bahwa kewajiban mengetahui dan berterima kasih kepada Tuhan dan kewajiban mengerjakan yang baik dan menjauhi yang buruk dapat diketahui oleh akal. Sudah tentu bahwa sebelum mengetahui sesuatu hal adalah wajib, orang harus terlebih dahulu mengetahui hakikat hal itu sendiri. Tegasnya, sebelum mengetahui kewajiban berterima kasih kepada Tuhan dan berkewajiban berbuat baik dan menjauhi perbuatan jahat, orang harus terlebih dahulu mengetahui Tuhan dan mengetahui baik dan buruk. Sebelum mengetahui hal-hal itu orang tentu tak dapat menentukan sikap terhadapnya.
Menurut faham aliran mu’tazilah ke-empat masalah pokok tersebut dapat diketahui oleh akal.
2.1.1 Asy’ariyah
Lahirnya aliran ini dipelopori oleh tokoh bernama Imam Abu Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari yang masih keturunan dari sahabat besar Abu Musa al-Asy’ari, seorang utusan tahkim dalam peristiwa perang Shiffin dari pihak Sayyidina Ali. Semula al-Asy’ari merupakan penganut aliran Mu’tazilah. Tapi kemudian beliau meninggalkan Mu’tazilah karena adanya perpecahan yang dialami kaum muslimin yang bisa menghancurkan  mereka sendiri. Beliau sangat khawatir kalau al-Qur’an dan al-Hadits menjadi korban dari paham-paham Mu’tazilah yang dianggapnya semakin jauh dari kebenaran, menyesatkan, dan meresahkan masyarakat karena menurut beliau Mu’tazilah terlalu menonjolkan akal pikiran. 
Dalam aliran Asy-ariyah, al-Asy’ari sendiri menolak sebagian besar dari pendapat kaum Mu’tazilah. Dalam pendapatnya, segala kewajiban manusia hanya dapat diketahui melalui wahyu. Akal tak dapat membuat sesutau menjadi wajib dan tak dapat mengetahui bahwa mengerjakan yang baik dan menjauhi yang buruk adalah wajib bagi manusia. Benar jika akal dapat mengetahui Tuhan, tetapi wahyulah yang mewajibkan orang mengetahui Tuhan dan berterima kasih kepada-Nya. Juga dengan wahyulah dapat diketahui bahwa yang patuh kepada Tuhan akan memperoleh upah dan yang tidak patuh kepada-Nya akan mendapatkan hukuman.
Menurut al-Syahrastani, kaum Asy’ari berpendapat bahwa kewajiban-kewajiban diketahui dengan wahyu dan pengetahuan diperoleh dengan akal. Akal tidak dapat menentukan bahwa mengerjakan yang baik dan mengetahui yang jahat adalah wajib, karena akal tidak membuat sesuatu yang menjadi harus atau wajib. Wahyu sebaliknya tidak pula mewujudkan pengetahuan. Wahyu membawa kewajiban-kewajiban.
2.1.2 Al-Maturidiyah
Aliran ini dipelopori oleh tokoh bernama Imam Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud al-Maturidi al-Anshari dalam pemikiran teologinya, al-Maturidi berdasarkan pada al-Qur’an dan akal. Dengan hal ini, ia sama dengan al-Asy’ari. Namun, porsi yang diberikannya kepada akal lebih besar  daripada yang diberikan oleh al-Asy’ari.
Antara aal-Maturidi Samarkand dan Bukhara memilliki perbedaan paham mengenai dua persoalan pokok ini, menurut maturidiah Samarkand mengetahui Tuhan dan kewajiban mengetahui Tuhan dapat diketahui atau ditentukan dengan matangnya akal. Kemampuan akal dalam mengetahui kedua hal tersebut sesuai dengan ayat-ayat al-Qur’an yang memerintahkan agar manusia menggunakan akal dalam usaha dalam memperoleh pengetahuan dan keimanannya terhadap Allah melalui pengamatan dan pemikiran yang mendalam tentang makhluk ciptaan-Nya. Kalau akal tidak mempunyai kemampuan memperoleh pengetahuan tersebut, tentunya Allah tidak akan memerintahkan manusia untuk melakukannya. Dan orang yang tidak mau menggunakan akal untuk memperoleh iman dan pengetahuan mengenai Allah berarti meninggalkan kewajiban yang diperintahkan ayat-ayat tersebut. Menurut maturidiyah Bukhara akal itu tidak mampu untuk menentukan kewajiban sebab akal hanya mampu mengetahui sebab kewajiban. Abu Uzbah berkata bhawasannya akal bagi mereka adalah alat untuk mengetahui kewajiban dan yang menentukan kewajiban adalah Tuhan.
2.1 Fungsi Wahyu
Wahyu berfungsi memberi informasi bagi manusia. Bagi aliran kalam tradisional, akal manusia sudah mengetahui empat hal, maka wahyu ini berfungsi memberi konfirmasi tentang apa yang telah dijelaskan oleh akal manusia sebelumnya. Tetapi baik dari aliran Mu’tazilah tidak berhenti sampai di situ pendapat mereka, mereka menjelaskan bahwa betul akal sampai pada pengetahuan tentang kewajiban berterima kasih kepada tuhan serta mengerjakan kewajiban yang baik dan menghindarkan dari perbuatan yang buruk, namun tidaklah wahyu dalam pandangan mereka tidak perlu. Menurut Mu’tazilah dan Maturidiyah wahyu tetaplah perlu.
Wahyu diperlukan untuk memberi tahu manusia, bagaimana cara berterima kasih kepada tuhan, menyempurnakan akal tentang mana yang baik dan yang buruk, serta menjelaskan perincian upah dan hukuman yang akan di terima manusia di akhirat. Sementara itu, bagi aliran kalam tradisional karena memberikan daya yang lemah pada akal fungsi wahyu pada aliran ini adalah sangat besar. Tanpa diberi tahu oleh wahyu manusia tidak mengetahui mana yang baik dan yang buruk, dan tidak mengetahui apa saja yang menjadi kewajibannya.
Selanjutnya wahyu menurut kaum Mu’tazilah wahyu mempunyai fungsi memberi penjelasan tentang perincian hukuman dan upah yang akan diterima manusia di akhirat. Abu Jabbar berkata akal tak dapat mengetahui bahwa upah untuk suatu perbuatan baik lebih besar dari pada upah yang ditentukan untuk suatu perbuatan baik lain, demikian pula akal tak mengetahui bahwa hkuman untuk suatu perbuatan buruk lebih besar dari hukuman untuk suatu perbuatan buruk yang lain. Semua itu hanya dapat diketahui dengan perantaraan wahyu. Al-Jubbai berkata wahyulah yang menjelaskan perincian hukuman dan upah yang akan diperoleh manusia di akhirat.
Dari uraian di atas dapatlah kiranya disimpulkan bahwa wahyu bagi Mu’tazilah mempunyai fungsi untuk informasi dan konfirmasi, memperkuat apa-apa yang telah diketahui akal dan menerangkan apa-apa yang belum diketahui akal. Dan demikian menyempurnakan pengtahuan yang telah diperoleh akal.
Bagi kaum Asy’ariyah akal hanya dapat mengetahui adanya tuhan saja, wahyu mempunyai kedudukan yang sangat penting. Manusia mengetahui yang baik dan yang buruk, dan mengetahui kewajiban-kewajibannya hanya turunnya wahyu. Dengan demikian sekiranya wahyu tidak ada, manusia tidak akan tahu kewajiban-kewajibannya kepada tuhan, sekiranya syariatnya tidak ada Al-Ghozali berkata manusia tidak aka ada kewajiban mengenal tuhan dan tidak akan berkewajiban berterima kasih kepadanya atas nikmat-nikmat yang diturunkannya. Demikian juga masalah baik dan buruk kewajiban berbuat baik dan mnghindari perbuatan buruk, diketahui dari perintah dan larangan-larangan tuhan. Al-Baghdadi berkata semuanya itu hanya bisa diketahui menurut wahyu, sekiranya tidak ada wahyu tak ada kewajiban dan larangan terhadap manusia.
Jelas bahwa dalam aliran Asy’ariyah wahyu mempunyai fungsi yang banyak sekali, wahyu yang menentukan segala hal, sekiranya wahyu tak ada manusia akan bebas berbuat apa saja, yang dikehendakinya, dan sebagai akibatnya manusia akan berada dalam kekacauan. Wahyu perlu untuk mengatur masyarakat, dan demikianlah pendapat kaum Asy’ariyah. Al-Dawwani berkata salah satu fungsi wahyu adalah memberi tuntunan kepada manusia untuk mengatur hidupnya di dunia. Oleh karena itu pengiriman para rosul-rosul dalam teologi Asy’ariyah seharusnya suatu keharusan dan bukan hanya hal yang boleh terjadi sebagaimana hal dijelaskan olh Imam Al-Ghozali di dalam al-syahrastani.
Adapun aliran Maturidiyah bagi cabang Samarkand mempunyai fungsi yang kurang wahyu tersebut, tetapi pada aliran Maturidiyah Bukhara adalah penting, bagi Maturidiyah Samarkand memerlukan wahyu hanya untuk mengetahui kewajiban tentang baik dan buruk, sedangkan bagi Maturidiyah Bukhara wahyu perlu untuk mengetahui kwajiban-kewajiban manusia. Oleh Karena itu di dalam system teologi yang memberikan daya terbesar adalah akal dan fungsi terkecil kepada wahyu, manusia dipandang mempunyai kekuasaan dan kemerdekaan.tetapi di dalam system teologi lain yang memberikan daya terkecil pada akal dan fungsi terbesar pada wahyu. Manusia dipandang lemah dan tak merdeka.
Tegasnya manusia dalam pandangan aliran Mu’tazilah adalah berkuasa dan merdeka sedangkan dalam aliran Asy’ariyah manusia lemah dan jauh dari merdeka.
Di dalam aliran Maturidiyah manusia mempunyai kedudukan menengah di antara manusia dalam pandangan aliran Mu’tazilah, juga dalam pandangan Asy’ariyah. Dan dalam pandangan cabang Samarkand manusia lebih berkuasa dan merdeka dari pada manusia dalam pandangan cabang Bukhara. Dalam teologi Maturidiyah Samarkand, yang juga memberikan kedudukan yang tinggi pada akal, tetapi tidak begitu tinggi dibandingkan pendapat Mu’tazilah, wahyu juga mempunyai fungsi relatif banyak tetapi tidak sebanyak pada teologi Asy’ariyah dan Maturidiyah Bukhara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar